Kamis, 06 Oktober 2011

Pentingnya Cadangan Emas Bagi Suatu Negara

“Emas merupakan lambang kemakmuran suatu negara, jadi dalam perdagangan kita harus lebih banyak melakukan ekspor daripada mengimpor, karena surplus dalam perdagangan akan mendatangkan lebih banyak emas” Teori Merkantilisme.
Harga Emas memang sedikit fluktuatif, tapi trend menguatnya harga emas sepanjang tahun ini menunjukkan peningkatan signifikan, 33%. Bank-bank sentral negara-negara kaya, ternyata masih secara tradisional memercayai emas sebagai cadangan terbaik untuk diversifikasi cadangan devisa.Cadangan emas disimpan dalam bank sentral negara dimaksudkan sebagai jaminan untuk membayar para depositor, pemegang surat berharga, atau untuk menjamin mata uang suatu negara. Namun sekarang, cadangan emas bank sentral amat jarang digunakan dalam transaksi international.
Negara-negara makmur sangat menyukai emas. Negara-negara yang suka berperang atau pernah trauma dengan perang, menimbun emas dalam jumlah sangat besar. Dewan Emas Dunia mengutip data yang dirilis International Monetary Fund (IMF) secara periodik membuat ranking cadangan emas negara-negara atau organisasi-organisasi international seperti IMF. Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan, merekomendasikan Bank Indonesia untuk menambah cadangan emasnya. Sebagai negara penghasil emas, pemerintah atau Bank Indonesia bisa meminta para produsen untuk menghentikan ekspor emas dan menjual ke Bank Indonesia. Rekomendasi Rusman ini sesuai saran yang dilansir oleh analis logam mulia paling jitu di Amerika, Manrry Anne Aden dan Pamela Aden pemilik The Aden Forecast.
Dengan meningkatkan cadangan emasnya, peran bank sentral di pasar modal bisa cukup signifikan sehingga bisa membantu menstabilkan bursa pasar modal, dengan asumsi selama harga saham perusahaan dalam negrei tidak jatuh maka perekonoian dalam negeri masih di anggap bagus oleh investor asing.
Seperti yang saya kutip dari teori merkantilisme bahwa negara yang kuat dan makmur adalah negara negara dengan cadangan emasnya yang sangat banyak, dengan cadangan emas yang banyak maka sektor perekonomian otomatis lebih maju, sektor pertahanan negara menjadi kuat dengan memiliki senjata senjata yang bagus.

author : artikel ini adalah milik president brankas. kami menyediakan brankas murah dengan kualitas terbaik  sebagai satu-satunya pabrik brankas sekaligus toko brankas, kami ingin memberikan pelayanan maksimal. anda pun bisa menyimpan tabungan emas anda di rumah sendiri bersama brankas produk dari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar