Minggu, 06 November 2011

Tanda susu kambing yang baik

Untuk memastikan ciri susu kambing dalam keadaan baik, kita bisa mengenal melalui beberapa ciri yaitu :
Bisa mudah cair dalam suhu ruang karena kandungan airnya rendah. Bila kondisi beku sekitar 18 derajat celcius, susu tersebut bisa terlihat kuning. Ini dikarenakan kandungan kalsium nya yang tinggi. Selain itu juga mudah untuk diremas setelah keluar dari freezer selama 30 menit. Aroma nya bisa tercium gurih dan manis. Krim yang ada pada susu, bisa menyatu dengan air serta tidak menggumpal. Dan yang terakhir bau khas kambing yang tidak akan tercium menyengat.
Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa membuat susu kambing murni berubah. Hal itu diantaranya karena susu telah melewati batas kedaluarsa. kalau sudah seperti itu nilai manfaat susu akan jauh berkurang. Suhu yang tidak sesuai pada tempat penyimpanan, bisa juga karena sudah mengalami beberapa kali cair, kandang kambing yang kotor dan bisa juga karena tercampur kolostrum oleh air susu kambing di awal kelahiran.
Ada beberapa pertanyaan mengapa susu kambing organik bisa tidak berbau prengus / aroma kambing. Ini dikarenakan teknik pemeliharaan kambing yang benar. sebenarnya ada cara khusus yang bisa menjadi indikator susu kambing itu baik atau tidak yaitu dengan memasak sampai mendidih hingga 15 menit. Bila struktur susu tidak berubah / menggumpal maka bisa dipastikan susu kambing tersebut dalam keadan baik.

catatan : artikel ini dibuat oleh usaha kecil menengah jual susu kedelai. kami menjual susu kedelai organik berkualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar